Jelang Debat Ketiga Capres, Intip Visi-Misi Ganjar-Mahfud Bidang Hankam dan Geopolitik

Bisnis.com,07 Jan 2024, 18:09 WIB
Penulis: Reyhan Fernanda Fajarihza
Jelang Debat Ketiga Capres, Intip Visi-Misi Ganjar-Mahfud Bidang Hankam dan Geopolitik. Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pidato saat peluncuran merchandise resmi Ganjar-Mahfud di FX Sudirman, Jakarta, Senin (11/12/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Sp

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon presiden atau capres 2024 pada Minggu (7/1/2024).

Debat capres itu akan mengetengahkan isu tentang tentang pertahanan-keamanan (hankam), hubungan internasional dan geopolitik.

Berikut ini adalah visi misi paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD terkait tema debat:

Tema Pertahanan-Keamanan (Hankam)

Dalam dokumen visi-misinya, Ganjar-Mahfud mengusung misi Kedaulatan NKRI dengan Sistem Pertahanan 5.0. Contohnya, Modernisasi Pertahanan Sakti. Poin misi tersebut merujuk pada transformasi pertahanan berdasarkan doktrin Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (Sishanrata) untuk membentuk Kekautan Pertahanan Indonesia yang berdaya gentar dan dilengkapi dengan alutsista Perkara dengan Keunggulan Teknologi 5.0 (SAKTI). 

Pada misi tersebut, Ganjar-Mahfud menyinggung perlunya modernisasi alutsista dan memperkuat kemampuan dalam menghadapi ancaman dan tantangan. Berikut perincian program isu pertahanan Ganjar-Mahfud selanjutnya:

Peneliti HAM dan Sektor Keamanan SETARA Institute Ikhsan Yosarie mengatakan, salah satu topik penting yang perlu disoroti, yakni reformasi TNI sesuai amanat Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI.

"Dinamika reformasi TNI dalam 1 tahun terakhir saja memiliki sejumlah catatan penting sebagai bahan evaluasi," kata Ikhsan dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024). 

Menurut Ikhsan, terdapat persoalan-persoalan berulang, seperti kasus kekerasan yang melibatkan anggota TNI. Adapun, dalam catatan yang dikutipnya dari KontraS, terdapat 59 peristiwa kekerasan anggota TNI sepanjang Oktober 2022-September 2023. Di sisi lain, masih ada persoalan lainnya yang mencerminkan terganjalnya reformasi TNI hingga dianggap habituasi atau kebiasaan.

Tema Geopolitik - Hubungan Luar Negeri

Paslon nomor urut 3 ini mengusung persoalan hubungan internasional dalam misi kedelapan, yakni mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara. 

Dalam dokumen visi-misinya, Ganjar-Mahfud mencanangkan agar Indonesia berperan sentral dalam menata dunia baru melalui tiga gagasan, yaitu:

Paslon nomor urut 03 menempatkan isu pertahanan negara sebagai visi-misi kedelapan yakni mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini