Konten Premium

Tinggalkan Proyek Senilai Rp1.427,36 Triliun, Ini Kata Jokowi

Bisnis.com,08 Jan 2024, 17:45 WIB
Penulis: Alifian Asmaaysi
Presiden menyatakan tol sepanjang 14,8 kilometer dengan total investasi yang dikeluarkan Rp4 triliun tersebut akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Jokowi bakal meninggalkan warisan 42 PSN senilai Rp1.427,36 triliun. Proyek PSN itu telah dipastikan tidak selesai hingga akhir masa pemerintahan Jokowi pada 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap proyek strategis nasional (PSN) itu dilanjutkan oleh penggantinya.

"Ya diteruskan, masa gak diteruskan. [apa saja proyeknya?] nanti di cek," kata Jokowi singkat di sela-sela acara peresmian Jalan Tol Cinere-Serpong di Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024),

Sebagai informasi, Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere-Raya Bogor termasuk salah satu PNS. Jalan tol sepanjang 14,8 kilometer ini menelan biaya investasi senilai Rp4 triliun.

Kepala Negara mengatakan bahwa jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek. Pasalnya, saat ini sudah ada tol lingkar dalam, JORR 1, JORR 2.

"Jalan tol yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan tadi saya tanyakan ke Menteri PUPR [ditargetkan] bisa diselesaikan kuartal II/2024," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Jasa Marga melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) melaporkan bahwa konstruksi Seksi 2 Pamulang-Cinere telah mencapai 100%.

Dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, maka Jalan Tol Serpong-Cinere akan beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.



Direktur Utama PT CSJ, Mirza Nurul Handayani, menjelaskan, tersambungnya Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 Km ini akan mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung.


Terkait PSN, pemerintah sebelumnya telah merilis sejumlah PSN yang bakal rampung dan yang kemungkinan selesainya di atas tahun 2024. Pemerintah mengklaim telah menyelesaikan 170 PSN sejak 2016 hingga Oktober 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa 170 PSN yang telah selesai itu senilai 1.299,41 triliun dan 61 proyek lainnya dalam tahap konstruksi.

PSN itu, lanjut Airlangga, tersebar di sejumlah sektor seperti pembangunan infrastruktur konektivitas seperti pelabuhan, tol, kereta api, hingga bandar udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Thomas Mola
Terkini