Konten Premium

Desakan Muncul dari Eropa untuk Jalinan Kerja Sama Dagang dengan Indonesia

Bisnis.com,18 Jan 2024, 11:05 WIB
Penulis: Yustinus Andri DP
Desakan Muncul dari Eropa untuk Jalinan Kerja Sama Dagang dengan Indonesia. Foto udara bongkar muat peti kemas di Terminal Petikemas New Makassar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (2/10/2023). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Perundingan kerja sama Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) yang telah melalui proses perundingan hingga 7 tahun lamanya, mendapatkan seruan untuk segera dituntaskan oleh kalangan pengusaha di Benua Biru.

Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia pada medio Juli 2023 telah menargetkan bahwa perjajian IEU-CEPA akan selesai pada akhir tahun 2023. Namun, dalam perkembangannya, target tersebut meleset.

Selanjutnya, pada November 2023, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa perundingan perjanjian ekonomi komprehensif tersebut dapat diselesaikan pada awal tahun ini. Salah satu pertimbangannya adalah, perjanjian kerja sama tersebut dapat selesai sebelum periode pemilu di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini