Konten Premium

Masa Depan Metaverse TLKM - WIR di Tengah Himpitan AI dan Perangkat Mahal

Bisnis.com,19 Jan 2024, 09:00 WIB
Penulis: Crysania Suhartanto
Rektor Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko (kiri) dan CEO dan Founder WIR Group, Michael Budi berbincang dengan mahasiswa usai Penandatanganan Kerjasama Perjanjian di Jakarta, Senin (21/3/2022). Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya bekolaborasi dengan PT WIR Asia mengembangkan mata kuliah di metaverse sebagai bagian dari ekosistem Metaverse Indonesia yang akan diluncurkan akhir tahun ini pada ajang Presidensi G20./Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. dan PT WIR Asia Tbk. (WIRG) dihadapkan pada tantangan harga perangkat yang mahal dan disrupsi kecerdasan buatan (AI) dalam mengembangkan metaverse pada 2024. 

Tahun 2024 dibuka dengan banyaknya teknologi metaverse dari perusahaan besar yang meluncur di pasaran. Mulai dari laptop berbasis augmented reality (AR) Spacetop dari Sightful, kacamata AR Apple Vision Pro, dan Meta Quest 3 dari Meta.

Beberapa perusahaan juga telah mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu mengembangkan metaverse. Lalu, perusahaan otomotif juga sudah mulai merambah ke dunia AR. Bahkan teknologi ini kembali dibahas dan digunakan dalam forum internasional World Economic Forum di Davos awal Januari lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Leo Dwi Jatmiko
Terkini
'