Saham Teknologi di Eropa Menghijau, Imbas Rekor Reli Wall Street

Bisnis.com,23 Jan 2024, 01:00 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja saham-saham Eropa menguat pada hari Senin (22/1/2024) waktu setempat lantaran mengikuti reli Wall Street yang mendorong indeks acuan S&P 500 ke rekor puncaknya pada akhir pekan lalu. 

Indeks S&P 500 mencapai rekor tertinggi pada hari Jumat (19/1/2024), yang pertama dalam dua tahun, didorong oleh reli saham-saham pembuat cip dan teknologi kelas berat AS.

Dilansir Reuters, Selasa (23/1/2024), indeks STOXX 600 naik 0,6% pada awal pembukaan perdagangan Senin, setelah melemah 1,5% pada minggu lalu.

Pada perdagangan tersebut, saham teknologi di zona euro naik 1,4% atau memimpin kenaikan indeks sektoral.

ASML Holdings, misalnya, mencatatkan kenaikan 2,5% setelah Bernstein meningkatkan peringkat perusahaan pembuat peralatan semikonduktor Belanda itu menjadi "outperform" dari "market-perform". 

Di antara saham-saham penggerak lainnya, saham Kindred melonjak 16,5% setelah perusahaan game Prancis La Francaise des Jeux meluncurkan tawaran pengambilalihan untuk rekanan online Eropa dalam kesepakatan senilai $2,8 miliar. 

Saham La Francaise juga meningkat yakni sebesar 4,0%, sedangkan Worldline naik 4,7% setelah Credit Agricole mengungkapkan 7% saham ekuitas di perusahaan pembayaran digital Prancis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini