Apa itu Ekonomi Mikro dan Perbedaannya dengan Ekonomi Makro

Bisnis.com,24 Jan 2024, 16:05 WIB
Penulis: Hana Fathina
Mengenal arti ekonomi mikro dan perbedaannya dengan ekonomi makro.

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi mikro adalah studi tentang kecenderungan individu dalam membuat pilihan untuk menanggapi perubahan insentif, harga, metode produksi dan sumber daya. Dikutip dari buku Principle of Microeconomics pada tahun 2008, ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi. 

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro diantaranya model-model pasar, industri, teori permintaan, analisis manfaat, teori produksi, hingga teori harga. Selain itu ekonomi mikro juga berperan dalam membuat kebijakan perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya seperti pengelolaan harga. 

Tujuan Ekonomi Mikro

Contoh Ekonomi Mikro

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekomomi Makro

Ekonomi mikro melibatkan berbagai macam teori seperti distribusi, harga dan produk. Sedangkan ekonomi makro fokus dengan pendapatan, output, kemungkinan inflasi dan deflasi dan yang lainnya. 

Perbedaan ekonomi mikro dan makro juga terletak terhadap tujuan dan analisis untuk menghasilkan keuntungan. Ekonomi makro menerapkan analisis cara untuk mengalokasikan sumber daya, sedangkan ekonomi mikro terlibat dalam kegiatan ekonomi dalam lingkup internasional ataupun nasional. 

Itulah beberapa penjelasan tentang ekonomi mikro dan perbedaan ekonomi mikro dan makro yang harus kamu tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini