Bedanya Sakit Kepala Migrain dan Sakit Kepala Stroke

Bisnis.com,06 Feb 2024, 19:52 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi sakit kepala akibat gejala pendarahan otak

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu gejala utama stroke adalah sakit kepala. Karena itu jangan abaikan ketika Anda menderita sakit kepala.

Tapi kadangkala Anda merasa bingung apakah sakit kepala yang Anda rasakan merupakan migrain atau termasuk gejala stroke.

Ada beberapa perbedaan antara sakit kepala karena migrain dan karena stroke.

Migrain dapat menyebabkan rasa sakit kepala yang parah, namun biasanya tidak menimbulkan efek jangka panjang atau kematian.

Perbedaan lainnya termasuk waktu dan usia timbulnya penyakit. Orang yang terkena stroke biasanya akan mengalaminya sekali seumur hidup, dan risiko terkena stroke semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

Jika Anda mengalami migrain lebih dari 15 hari per bulan selama 3 bulan atau lebih, ini dianggap migrain kronis. Timbulnya migrain kronis biasanya terjadi sebelum usia 40 tahun.

Ada juga perbedaan antara gejala yang Anda alami dengan migrain dan stroke. Kami akan membahas lebih detail tentang gejala di bawah ini, namun berikut adalah ikhtisar singkat tentang gejala yang unik untuk setiap kondisi:

GEJALA UMUM MIGRAIN

GEJALA UMUM STROKE

Gejala umum pada migrain dan stroke

Stroke dan migrain adalah dua kondisi yang sangat berbeda, namun keduanya dapat memiliki beberapa gejala yang tumpang tindih. Dalam beberapa kasus, mungkin sulit membedakannya. Gejala umum yang dapat terjadi pada migrain dan stroke meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini