Analisis Drone Emprit : Prabowo-Gibran Rajai Tiktok Pasca-Debat Kelima Capres

Bisnis.com,06 Feb 2024, 09:26 WIB
Penulis: Anshary Madya Sukma
Analisis Drone Emprit : Prabowo-Gibran Rajai Tiktok Pasca-Debat Kelima Capres. Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto memberikan paparan visi dan misi saat debat capres kelima di Jakarta, Minggu (4/2/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Capres dan cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi paslon yang merajai interaksi paling tinggi di media sosial TikTok saat dan pascadebat kelima.

Berdasarkan analisis Drone Emprit, Prabowo-Gibran berhasil mengantongi 56,7 juta interaksi pada 4-5 Februari 2024. Disusul, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 49,7 juta interaksi, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi paling buncit dengan 47,1 juta interaksi.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengatakan Prabowo-Giban berhasil meraup porsi 37% dalam analisis soal interaksi di TikTok. Sementara, Anies-Imin 32% dan Ganjar-Mahfud memperoleh 31%.

"Pasangan Prabowo - Gibran mencatat interaksi terbanyak dengan total sekitar 56,7 juta, diikuti oleh Anies - Cak Imin dengan sekitar 49,7 juta, dan Ganjar - Mahfud MD dengan sekitar 47,1 juta," tulis Ismail di X, dikutip Selasa (6/2/2024).

Menariknya, dalam analisis itu juga Anies-Imin telah membungkus volume konten terbanyak yakni 327 video. Diikuti, Ganjar-Mahfud 226 konten, dan Prabowo-Gibran paling sedikit dengan 195 konten di TikTok.

Hanya saja, hal tersebut tidak membuat Anies-Imin menjadi paslon yang paling banyak dibicarakan di TikTok. Pasalnya, konten Prabowo-Gibran mendapat lebih banyak interaksi di Tiktok seperti like, share maupun komentar daripada Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud.

"Meskipun pasangan Anies - Cak Imin memiliki jumlah video terbanyak, pasangan Prabowo - Gibran berhasil mendapatkan interaksi terbanyak. Ini menandakan bahwa meskipun pasangan Anies - Cak Imin lebih sering dibicarakan, konten yang berkaitan dengan Prabowo - Gibran mungkin lebih menarik atau mendorong keterlibatan yang lebih besar dari pengguna," imbuhnya.

Sebagai informasi, metodologi Drone Emprit ini diambil beberapa keyword pada tiap-tiap capres-cawapres. Misalnya, Anies-Imin dengan Anies, aniesbaswedan, aniespresiden2024, "AMIN", cakimin, aminajadulu, aniesbubble, abahanies, desakanies

Selanjutnya Prabowo-Gibran dengan kata kunci prabowo, prabowosubianto, gibran, gibranrakabuming, gibran_rakabuming, gibranrakabumingraka, prabowogibran2024

Sementara Ganjar-Mahfud melalui keyword Ganjar, ganjarpranowo, mahfud, mahfudmd, ganjarmahfud, tabrakprofmahfud, pilihno3, ganjarmahfud2024

Adapun, analisis ini dilakukan saat dan pasca debat capres Minggu (4/2/2024) pada 19.00 WIB sampai dengan Senin (5/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini