Survei Indikator Politik: Prabowo-Gibran Tetap Unggul Bila Pilpres 2 Putaran

Bisnis.com,21 Feb 2024, 19:39 WIB
Penulis: Sholahuddin Al Ayyubi
Ketiga calon presiden (capres), yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mencoblos di TPS pada hari H Pilpres 2024, Rabu (14/2/2024).

Bisnis.com, JAKARTA — Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat akan tetap memilih pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bila Pemilu 2024 digelar dua putaran.

Hal tersebut terungkap dari hasil survei Indikator Politik terhadap 2.975 responden dari 3.000 TPS dengan margin of error (MOE) 1,8% di seluruh Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengemukakan jika pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo-Gibran lolos ke putaran kedua, sebanyak 63,7% masyarakat tetap akan memilih Prabowo-Gibran. Sebanyak 7,9% responden lainnya tidak menjawab.

"Sementara pasangan Anies-Muhaimin hanya akan dipilih oleh 28,4% warga," tuturnya di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Kemudian, menurut Burhanuddin, jika pada putaran kedua yang lolos adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD,  sebanyak 65,4% responden tetap akan memilih Prabowo-Gibran, sedangkan paslon Ganjar-Mahfud hanya dipilih oleh 23,8% responden.

"Kemudian 10,9%-nya tidak menjawab atau tidak tahu," katanya.

Namun jika pada putaran kedua yang lolos adalah paslon Ganjar-Mahfud dan Anies Muhaimin, perpolitikan bakal lebih seru lagi karena Anies-Muhaimin akan mendapatkan dukungan dari 43,1% responden, sedangkan Ganjar-Mahfud 39,2%.

"Sebanyak 17,7% sisanya tidak tahu dan tidak menjawab," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini