Konten Premium

Penghapusan Utang Mahasiswa, 'Bansos' ala Joe Biden untuk Menangkan Pemilu AS 2024

Bisnis.com,23 Feb 2024, 06:30 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Papan bertuliskan Cancelling Student Debt atau pengampunan pinjaman mahasiswa yang dipasang di Julian Dixon Library in Culver City, California, Amerika Serikat saat acara kunjungan Presiden AS, Joe Biden pada Rabu (21/2/2024). - Bloomberg/Eric Thayer

Bisnis.com, JAKARTA — Ada hal yang dijanjikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden kepada masyarakatnya, yakni mereka yang menjadi penerima pengampunan pinjaman mahasiswa atau student loan akan mendapatkan pesan pribadi secara langsung dari presiden.

Pekan lalu, pemerintahan Biden mengumumkan bahwa lebih dari 150.000 orang akan menerima pengampunan student loan senilai US$1,2 miliar atau sekitar Rp18,7 triliun (asumsi kurs Rp15.650). Hal itu menjadi bagian dari program pengampunan utang mahasiswa yang diluncurkan Biden pada tahun politik di Negeri Paman Sam.

Pemerintah AS menargetkan warganya yang telah melakukan pembayaran student loan minimal 10 tahun untuk bisa menerima pengampunan utang. Skema pinjaman mahasiswa itu memang membantu sangat banyak warga AS untuk meraih pendidikan tinggi, tetapi juga menyisakan persoalan besar kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini