Konten Premium

Alarm Stok Pangan, Masuk Level Kritis dan Impor Jadi Tumpuan

Bisnis.com,27 Feb 2024, 11:00 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela
Buruh pelabuhan menurunkan beras impor asal Vietnam dari kapal kargo di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (5/1/2023)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Stok pangan yang dikuasai dan dikelola oleh pemerintah alias cadangan pangan pemerintah (CPP) dalam kondisi kritis. Padahal, sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan yang mana selama periode ini hingga Idulfitri, harga kebutuhan pokok secara historis melonjak naik lantaran tingginya permintaan.

Merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) No.125/2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 11 komoditas antara lain beras, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging unggas, telur unggas, daging ruminansia, gula konsumsi, minyak goreng, dan ikan sebagai CPP.

Per 23 Februari 2024, stok sejumlah komoditas pangan strategis yang tersimpan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan, Bulog dan ID Food, seperti kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, daging sapi, daging ayam, hingga telur ayam nyaris habis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini