Konten Premium

Alarm untuk Komoditas Batu Bara dari India

Bisnis.com,28 Feb 2024, 05:00 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi & Yustinus Andri DP
Alarm untuk Komoditas Batu Bara dari India . Alat berat membersihkan area penimbunan batu bara./ Bloomberg - Nicolo Filippo Rosso

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar batu bara global berpotensi terganggu oleh sentimen permintaan dari India. Sentimen tersebut khususnya menyasar batu bara termal, yang menjadi andalan ekspor Indonesia.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, Selasa (27/2/2024) impor batu bara termal oleh India berpeluang mengalami penurunan untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, pada tahun ini. Salah satu pejabat di sektor industri di India mengatakan, kondisi itu di antaranya disebabkan oleh lonjakan produksi batu bara domestik dan stok yang tinggi di Negeri Bollywood.

Sementara itu, dari sebelas trader batu bara yang ditemui Reuters pada konferensi Coaltrans India di negara bagian barat Goa, sebanyak delapan trader memperkirakan pengiriman batu bara akan menurun tahun ini. Di sisi lain, trader lainnya memperkirakan impor batu bara termal akan cenderung stagnan atau tumbuh moderat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini