Konten Premium

El-Nino Berlalu, Sirine Waspada Padam untuk Emiten CPO AALI, DSNG, Cs?

Bisnis.com,01 Mar 2024, 14:30 WIB
Penulis: Reni Lestari
Deretan truk di sekitaran perkebunan sawit Sepaku, Kalimantan Timur, dekat lokasi IKN Nusantara pada Rabu (8/3/2023). - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — Pola cuaca El-Nino yang menjadi ancaman bagi sektor perkebunan sepanjang tahun lalu diprediksi berakhir awal tahun ini. Hal ini menjadi kabar baik bagi emiten-emiten CPO tak terkecuali PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), PT Dharma Satya Nusantara Tbk. (DSNG), dan yang lainnya. 

Sebelumnya, diproyeksikan sepelima output CPO Indonesia sepanjang 2023 kemungkinan akan melemah akibat kekeringan. Julian McGill, ekonom pertanian dan Direktur Pelaksana Konsultan Glenauk Economics pada November tahun lalu bahkan meramal bahwa dampaknya masih akan dirasakan sampai 2024. Dia memproyeksikan produsen CPO Indonesia pada 2024 akan absen dari pertumbuhan.  

Sementara itu, pola cuaca El-Nino yang memicu tekanan terhadap pertumbuhan produksi, diperkirakan masih akan bertahan di level moderat hingga Januari-Februari 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi El Nino akan berada di level lemah menuju netral pada Maret 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini