Konten Premium

Bayang-Bayang Inflasi di Balik Gencar Penyaluran Pinjol saat Ramadan

Bisnis.com,05 Mar 2024, 16:25 WIB
Penulis: Rika Anggraeni
Pegawai mencari informasi tentang pinjaman online atau pinjol di salah satu perkantoran, Jakarta pada Senin (14/8/2023). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Penyaluran pendanaan melalui platform financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) diramal akan merangkak saat momen Ramadan. Namun, kenaikan penyaluran pinjol ini juga memicu bayang-bayang lonjakan inflasi, hal ini sekaligus memicu peningkatan kredit macet.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi inflasi secara umum pada momentum Ramadan tahun ini. Menurut BPS, umumnya, komoditas pangan berpotensi memberikan andil terhadap inflasi pada momen Ramadan, seperti daging ayam ras, minyak goreng, beras, ayam hidup, daging sapi, telur ayam ras, dan gula pasir.

Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda mengatakan bahwa inflasi dengan kredit macet mempunyai hubungan yang tidak langsung, seperti juga pada pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini