5 Cara Merekam Layar Laptop Windows dan MacBook, Mudah!

Bisnis.com,05 Mar 2024, 13:56 WIB
Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Cara merekam layar laptop Macbook dan Windows dengan shortcut di keyboard dan aplikasi tambahan./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Merekam layar laptop sangat berguna jika kita ingin merekam tutorial, merekam presentasi, atau membagikan momen saat bermain gim bersama teman. Cara merekam layar laptop bisa dilakukan dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi tambahan.

Bisnis telah merangkum dari berbagai sumber pada Minggu (25/2/2024). Berikut beberapa cara untuk merekam layar laptop Windows dan MacBook dengan suara. 

Cara Screen Recording di Laptop Windows

Cara mudah merekam layar laptop di Windows adalah dengan menekan logo WINDOWS di keyboard, bersamaan dengan menekan tombol ALT dan R. Gunakan kombinasi shortcut WINDOWS + ALT + R jika ingin merekam layar laptop dengan lebih mudah.

Cara Merekam Layar di MacBook

Merekam layar di laptop Macbook cukup dengan kombinasi shortcut COMMAND + SHIFT + 5. Berikut cara lengkap untuk screen recording di macbook:

Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi

Berikut beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar laptop dengan suara:

1. Xbox Game Bar

Salah satu cara paling sederhana untuk merekam layar di laptop Windows adalah menggunakan fitur Xbox Game Bar yang biasanya sudah terpasang. Berikut langkah-langkahnya:

2. Scrcast Screen Recorder

Aplikasi Scrcast bisa digunakan untuk merekam layar laptop. Berikut langkah-langkahnya.

3. OBS Studio

Aplikasi ini gratis dan dapat merekam serta melakukan streaming dengan kualitas tinggi. Cara menggunakan OBS Studio untuk merekam layar adalah sebagai berikut:

4. Camtasia

Aplikasi untuk merekam layar laptop selanjutnya adalah Camtasia. Perangkat lunak ini menyediakan fitur perekaman layar dan edit video dalam satu aplikasi. Cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi Camtasia adalah sebagai berikut:

5. HitPaw Screen Recorder

Aplikasi screen recorder ini mudah digunakan dengan fitur perekaman layar berkualitas tinggi. Berikut cara merekam layar menggunakan HitPaw Screen Recorder:

Demikian beberapa cara merekam layar laptop di Windows dan Macbook yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Leo Dwi Jatmiko
Terkini
'