Konten Premium

Target Tinggi Pertumbuhan Ekonomi dan Asumsi Makro 2025, Realistis atau Ambisius?

Bisnis.com,05 Mar 2024, 11:30 WIB
Penulis: Annasa Rizki Kamalina , Dionisio Damara Tonce & Maria Elena
Gedung-gedung di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta pada Kamis (15/2/2024). Pemerintah merencanakan target pertumbuhan ekonomi 2025 hingga 5,6%, angka yang bahkan belum pernah tercapai selama 10 tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi. - Bloomberg/Muhammad Fadli

Bisnis.com, JAKARTA — Sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo, pertumbuhan ekonomi paling tinggi mencapai 5,31% pada 2022. Namun, Jokowi berpeluang mewariskan asumsi dasar ekonomi makro 2025 dengan target pertumbuhan ekonomi hingga 5,6%, sesuatu yang bahkan tidak mampu dicapai olehnya.

Jokowi memang punya mimpi besar, yakni pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7% agar Indonesia bisa melangkah lebih cepat menjadi negara maju. Target itu memang tidak pernah terwujud selama 10 tahun dia memimpin, tetapi ada kemungkinan dia mewariskan target yang tinggi kepada pemerintahan selanjutnya.

Hal itu tercermin dari asumsi dasar ekonomi makro 2025 yang sedang disusun oleh pemerintah, melibatkan Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas, dan nantinya akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini