Konten Premium

Kode-kode JP Morgan untuk Vale Indonesia (INCO) Usai Divestasi

Bisnis.com,06 Mar 2024, 17:00 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi & Reni Lestari
Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023)/Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — Perbankan investasi asal AS, JP morgan, memasang kuda-kuda untuk pelemahan saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) usai perjanjian divestasi dengan pemerintah selesai. 

Seperti diketahui sebelumnya, usai penandatanganan perjanjian transaksi definitif akuisisi saham INCO dengan VCL dan SMM, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) akan menjadi pemegang saham mayoritas perseroan dengan kepemilikan 34%. Sementara itu, Sumitomo Metal Mining (SMM) dan Vale Canada Limited (VCL) akan mengalami penurunan kepemilikan gabungan dari 60% menjadi 46%. 

Analis JP Morgan yang dikepalai Benny Kurniawan menjelaskan bahwa divestasi ini telah membebani harga saham dalam beberapa kuartal terakhir. Dari lantai bursa, INCO ditutup melemah 2,64% ke level Rp4.060. Banderol tersebut juga mewakili koreksi 5,80% secara year-to-date (YtD), meski dalam sebulan terakhir tercatat kenaikan 4,37%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini