Pemain Abroad Belum Gabung Timnas U-23 Indonesia, Ini Rencana Shin Tae-yong

Bisnis.com,02 Apr 2024, 07:46 WIB
Penulis: Taufan Bara Mukti
Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan soal pemain abroad yang diproyeksikan tampil di Piala Asia U-23 2024 / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong berharap para pemain abroad (berkarier di luar negeri) bisa segera bergabung dengan skuad Garuda.

Timnas U-23 Indonesia telah bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menggelar pemusatan latihan pada Senin (1/4/2024).

Pemusatan latihan tersebut digelar dalam rangka persiapan menuju Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pertengahan bulan ini.

Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Dubai, 6 pemain di antaranya berkarier di luar negeri.

Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, dan Pratama Arhan belum bergabung dengan skuad Timnas U-23 Indonesia yang telah terbang ke Dubai.

Shin mengaku saat ini pihaknya masih melobi pihak klub untuk melepas pemain-pemain tersebut.

"[Enam Pemain abroad] masih ada di dalam list tim. Untuk Piala Asia U-23 harus menyerahkan 23 nama pemain. Nama yang diumumkan [saat ini] ada 28 pemain, jadi kami sedang push dengan klub dan masih coba agar bisa ke Timnas U-23 Indonesia," kata Shin Tae-yong, Senin (1/4/2024).

Shin mengaku tak mau gegabah untuk mencoret pemain abroad yang belum bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu memahami bahwa Piala Asia U-23 bukan agenda resmi FIFA, sehingga klub tak wajib melepas pemainnya.

Selain itu, Shin juga masih memiliki waktu cukup panjang untuk melakukan finalisasi skuad yang akan tampil di Piala Asia U-23 2024.

Karena itu masih ada waktu untuk melobi klub yang bersangkutan untuk melepas pemain masing-masing.

"Masih ada waktu sampai satu hari sebelum pertandingan pertama Piala Asia U-23 nanti. Semua berbeda-beda tanggalnya karena pelepasannya juga berbeda," tutur Shin.

Laga pertama Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 adalah melawan tuan rumah Qatar pada Senin (16/4/2024), dilanjutkan lawan Australia pada Rabu (18/4/2024), dan ditutup kontra Yordania pada Sabtu (21/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini