Konten Premium

Kembang Kempis Pemulihan Ekonomi China

Bisnis.com,17 Apr 2024, 06:30 WIB
Penulis: Reni Lestari
Seorang pembeli di sebuah toko kelontong di Beijing, China, pada hari Kamis, 4 Agustus 2022. China melaporkan penurunan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 0,3 persen yoy pada Juli 2023./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar baiknya, China melaporkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari perkiraan pada kuartal I/2024. Kabar buruknya, hal itu disertai dengan angka-angka yang juga menunjukkan bahwa keadaan akan menjadi lebih sulit untuk sisa tahun ini.

PDB China naik 5,3% pada tiga bulan pertama tahun ini, sedikit meningkat dari kuartal sebelumnya dan melampaui perkiraan. Namun, sebagian besar peningkatan terjadi dalam dua bulan pertama 2024. Sedangkan pada Maret, pertumbuhan penjualan ritel merosot dan output industri tidak mencapai perkiraan, sehingga menunjukkan adanya tantangan yang akan datang.

"Pasar mungkin sulit untuk diyakinkan oleh kuatnya pertumbuhan PDB dan sulit untuk berdamai dengan data Maret yang beragam," kata Xiaojia Zhi, kepala ekonom Tiongkok di Credit Agricole, dikutip dari Bloomberg, Rabu (17/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini