Konten Premium

Senjata Bank Milik Investor Korea Naik Kelas

Bisnis.com,19 Apr 2024, 08:30 WIB
Penulis: Arlina Laras & Fahmi Ahmad Burhan
Bank IBK Indonesia/Dokumen Bank IBK Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -- Right issue menjadi senjata emiten bank milik investor Korea Selatan untuk naik kelas dan tambah modal. Dalam waktu dekat, dua dari empat emiten bank asal Korea yakni Bank Woori Saudara dan IKB Indonesia bakal melakukan right issue.

Lewat aksi korporasi ini, PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) dan PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS) mengincar dana masing-masing Rp3,2 triliun dan Rp1,17 triliun.

Langkah SDRA dan AGRS ini seakan menyusul PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) yang telah menyelesaikan right issue pada akhir 2023. Lewat right issue, KB Bank atau sebelumnya dikenal sebagai KB Bukopin meraup dana segar Rp11,99 triliun.

Sebelumnya, bank investor Korea lainnya yakni PT Bank Oke Indonesia Tbk. (DNAR) juga telah melakukan right issue pada 2022 untuk memenuhi ketentuan modal minimal Rp3 triliun.

Dari sisi kinerja, kecuali KB Bank, tiga emiten lainnya telah mencetak laba. KB Bank sejauh ini memang belum mempublikasikan laporan keuangannya. Namun, hingga kuartal III/2023, perseroan masih merugi Rp3,37 triliun.

Di sisi lain, SDRA terdata membukukan laba bersih Rp697,86 miliar pada 2023, turun 18,91% secara tahunan (year-on-year/YoY), sementara AGRS membukukan laba Rp183,29 miliar, naik 77,18% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Thomas Mola
Terkini