Konten Premium

Kebijakan Titipan Jokowi ke Prabowo: Buru Pajak Orang Kaya, Kurangi Tax Amnesty

Bisnis.com,24 Apr 2024, 10:00 WIB
Penulis: Maria Elena & Wibi Pangestu Pratama
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyapa hadirin saat tiba di lokasi acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024). - Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Target rasio pajak atau tax ratio tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak main-main, yakni mencapai 12%. Untuk mencapai itu, Presiden Joko Widodo menyiapkan rancangan kebijakan, yang salah satu poinnya memburu pajak orang-orang kaya.

Prabowo-Gibran akan mulai menduduki pemerintahan pada Oktober 2024, setelah akhirnya melewati berbagai polemik dan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Karena APBN 2025 dibahas dan disiapkan sejak saat ini, maka pada tahun pertama pemerintahannya, Prabowo akan menjalankan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 yang disiapkan Jokowi dan jajarannya.

RKP 2025 memuat berbagai arah kebijakan, termasuk soal pengelolaan fiskal. Berbagai janji kampanye Prabowo yang memerlukan anggaran jumbo seperti program makan siang gratis, tentu perlu diimbangi dengan penerimaan yang tinggi, termasuk dari pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini