Diwawancara Media Asing, Erick Thohir Bongkar Kunci Indonesia ke Perempat Final Piala Asia U-23

Bisnis.com,25 Apr 2024, 16:01 WIB
Penulis: Taufan Bara Mukti
Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan kunci sukses Timnas U-23 Indonesia ke perempat final Piala Asia U-23 2024 / Instagram @erickthohir.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan faktor yang membuat Timnas U-23 Indonesia tampil cemerlang di Piala Asia U-23 2024.

Melalui akun Instagram pribadinya, Erick Thohir membagikan momen dirinya diwawancara media asing, Aljazeera, Kamis (25/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Erick mendapat pertanyaan perihal kunci keberhasilan Timnas U-23 Indonesia menembus perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kelolosan Timnas U-23 Indonesia ke perempat final Piala Asia U-23 dalam momen debut di turnamen ini menyita perhatian sampai ke media luar negeri.

"Kemarin saya diwawancara Aljazeera, salah satunya tentang keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak perempat final Piala Asia," tulis Erick Thohir dalam unggahan Instagram.

Erick pun menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban lugas: mental. Menteri BUMN ini mencontohkan kekuatan mental Timnas U-23 Indonesia yang terlihat pada laga melawan Qatar di mana 2 pemain Garuda Muda, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta, mendapat kartu merah.

"Kunci utama keberhasilan timnas adalah mental kuat, pantang menyerah. Ini terlihat saat pertandingan perdana melawan Qatar. Dengan hanya tersisa 9 pemain timnas tetap memberikan perlawanan hingga akhir," ucap Erick.

Pada pertandingan selanjutnya kontra Australia dan Yordania, Timnas U-23 Indonesia tampil percaya diri.

Hasilnya pun positif, anak asuh Shin Tae-yong mampu memenangi kedua pertandingan tersebut.

Erick juga menyinggung perihal posisi Indonesia yang tak diunggulkan dalam peta persaingan Piala Asia U-23 2024.

Indonesia yang menjadi tim dengan ranking FIFA terbawah di antara peserta Piala Asia U-23 2024, memulai turnamen dari pot terbawah alias pot 4.

"Tim Garuda memang berada di posisi terbawah dari 16 negara di Piala Asia 2024. Namun dalam waktu 2 X 45 menit, apapun bisa terjadi. Apalagi dengan tekad dan nyali besar," tulisnya.

Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 belum berakhir. Selanjutnya Rizky Ridho dan kolega akan melawan Korea Selatan dalam babak perempat final, Jumat (26/4/2024).

Kemenangan atas Korea Selatan akan membawa Indonesia ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024, sekaligus mendekati target lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini