Maybank Indonesia (BNII) Rilis Kartu Kredit Manchester United, Incar 54 Juta Nasabah

Bisnis.com,19 Mei 2024, 13:27 WIB
Penulis: Arlina Laras
Manchester United Partnerships Director Xana Evans, Head Cards Group Community Financial Services Maybank B Ravintharan, Group CEO Maybank Dato Khairussaleh Ramli, Eks Pesepak Bola Legendaris MU Ryan Giggs, Chairman Maybank Group Tan Sri Dato Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa, Direktur Community Financial Services dan Pjs. Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan, dan Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari di tengah peluncuran Maybank Kartu Kredit Manchester United, (18/05).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) terus memperluas jangkauan pasar kartu kredit melalui segmen yang dibidik. Teranyar, pihaknya menambah produk kartu kredit co-branded-nya dengan meluncurkan Maybank Kartu Kredit Manchester United.

Direktur Community Financial Services dan Pjs. Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan peluncuran Maybank Kartu Kredit Manchester United sebagai strategi perseroan untuk memperluas basis nasabah mass segment.

“Indonesia ini sangat besar kan 300 juta populasi, dan pecinta sepakbola di Indonesia hampir 70% dan kalau kita melakukan survei pada 2017, fans based [MU] di Indonesia ada 54 juta, artinya itu target potensial, tentu kami akan menarik nasabah sebanyak-banyaknya,” ucapnya pada awak media, Sabtu (18/5/2024).

Di sisi lain, Steffano masih optimistis bisnis kartu kredit memiliki prospek yang positif di tengah persaingan dengan bisnis beli sekarang dan bayar nanti (buy now pay later/BNPL) alias paylater.

"Kami percaya bahwa masyarakat akan menggunakan kartu kredit sebagai solusi pembayaran yang baik dan sekaligus ada special benefit,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari menuturkan berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes yang dilakukan Visa, 64% responden Indonesia kian beralih ke metode pembayaran non-tunai pada 2023. 

“Pemegang kartu Maybank Manchester United akan dapat menikmati beragam keistimewaan di lebih dari 130 juta merchant Visa di lebih dari 200 negara dan wilayah,” ucapnya. 

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara keempat diluncurkannya Maybank Kartu Kredit Manchester United oleh Maybank Group yang pertama kali diperkenalkan di Malaysia pada tahun 2011, diikuti oleh Singapura dan Filipina masing-masing pada tahun 2012 dan 2014. 

Maybank Group pun percaya kolaborasi ini akan terus memainkan peran penting dalam memperkuat eksistensi Maybank Group di tingkat global dan mendorong pertumbuhan kartu kredit lebih lanjut, serta melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai dalam menjangkau nasabah Maybank di pasar-pasar utama.

Mengacu statistik sistem pembayaran dan infrastruktur pasar keuangan (SPIP) Bank Indonesia (BI), nilai transaksi kartu kredit tumbuh 5,09% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp36,12 triliun pada Maret 2024. Jumlah transaksi kartu kredit juga naik 14,13% yoy menjadi 36,73 juta transaksi.

Adapun, jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 18,13 juta unit pada Maret 2024 naik 4,31% yoy dibandingkan Maret 2023 sebanyak 17,38 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini