Konten Premium

Harga Beras Terpanggang Cuaca Panas

Bisnis.com,21 Mei 2024, 11:30 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela & Wibi Pangestu Pratama
Padi siap dipanen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020). Kekhawatiran akan cuaca kering akibat El Nino membuat sejumlah negara membatasi produksi dan pasokan global pun berkurang, alhasil harga beras melambung tinggi. Produksi beras diprediksi turun saat kemarau dan terdapat kekhawatiran harga beras sulit kembali ke harga semula. - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar beras global sedang was-was karena persediaan yang terus berkurang akibat cuaca panas. Alarm pun menyala, harga beras melambung tinggi mendekati titik tertingginya dalam 15 tahun terakhir, bahkan diprediksi akan sulit turun.

Tahun lalu, India selaku pemasok terbesar memberlakukan pembatasan ekspor beras karena kekhawatiran cuaca panas atau cuaca yang lebih kering akibat El Niño akan menekan produksi. Persediaan yang berkurang setelah itu menemui persoalan baru, yakni ancaman turunnya pasokan dari Asia Tenggara dan Brasil.

Hal itu menjadi perhatian serius karena beras menjadi makanan pokok bagi miliaran orang di Asia dan Afrika. Lonjakan harga beras dapat meningkatkan tekanan inflasi dan mengerek impor negara-negara pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini