Konten Premium

Gerilya Prabowo Kuasai 79% Kursi Senayan

Bisnis.com,23 Mei 2024, 11:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyapa hadirin saat tiba di lokasi acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024). - Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Prabowo Subianto dan partai-partai pengusungnya berupaya membentuk koalisi yang lebih besar lagi dalam pemerintahan 2024—2029 dengan menggandeng Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu 2024. Diskusi dengan PDIP itu masih terus berjalan.

Prabowo barangkali melihat model yang diterapkan Presiden Joko Widodo berhasil, yang memegang 74% kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam koalisinya, sehingga memungkinkan terbitnya sejumlah undang-undang yang sesuai kepentingan pemerintah. Prabowo ingin melangkah lebih jauh, mengincar 79% kursi parlemen, atau bahkan lebih.

Dilansir dari Bloomberg, para pejabat tinggi PDIP telah mengadakan diskusi intensif dengan perwakilan dari Partai Gerindra sejak Maret 2024. Diskusi itu di antaranya soal kemungkinan memberikan kursi menteri penting kepada PDIP apabila bersedia bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini