50 Contoh Kalimat Transitif dan Intransitif dan Perbedaannya

Bisnis.com,27 Mei 2024, 16:30 WIB
Penulis: Taufan Bara Mukti
Contoh kalimat transitif dan intransitif beserta perbedaannya./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal 2 jenis kalimat yakni kalimat transitif dan intransitif. Contoh kalimat transitif dan intransitif kerap kita temui dalam karya tulis atau kehidupan sehari-hari.

Kalimat transitif dan intransitif terbagi lagi menjadi 2 yakni aktif dan pasif. Kalimat aktif transitif dan intransitif menggunakan kata kerja awalan ber-, me-, ter-, dan lain sebagainya. Sementara kalimat pasif menggunakan kata kerja berawalan di-.

Perbedaan Kalimat Transitif dan Intransitif

Perbedaan kalimat transitif dan intransitif terletak pada objek kalimatnya. Kalimat transitif membutuhkan objek atau benda untuk melengkapi susunan kalimatnya. Sementara kalimat intransitif tak membutuhkan objek penyusun.

Pengertian kalimat kalimat transitif dan intransitif hanya berbeda pada aspek objeknya saja. Kalimat intransitif biasanya menggunakan keterangan tanpa mencantumkan objek atau benda yang dimaksud.

Contoh Kalimat Transitif dan Intransitif

Contoh Kalimat Transitif

Contoh Kalimat Intransitif

Demikian informasi lengkap mengenai contoh kalimat transitif dan intransitif, lengkap dengan perbedaan serta pengertiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini