Konten Premium

Keuntungan Ganda Tapera Bagi Bisnis Bank, Terima 'Pejuang' KPR Hingga DPK Tabungan Menggunung

Bisnis.com,04 Jun 2024, 09:03 WIB
Penulis: Arlina Laras
Warga melintas di sekitar proyek pembangunan rumah subsidi di Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/2/2023). - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah bank menyiapkan strategi untuk menyambut lonjakan permintaan kredit pemilikan rumah (KPR) dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Lonjakan permintaan KPR dari MBR iu seiring efektifnya Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) untuk semua pekerja pada 2027. Saat yang sama, dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun BP Tapera juga akan meningkatkan likuiditas karena jangka panjang dan relatif murah.

Senior Vice President Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Trioksa Siahaan, menilai jelang perluasan implementasi iuran Tapera, menurutnya, perbankan bakal belum merasakan dampaknya dalam waktu dekat. “Yang terjadi saat ini masih banyak penolakan dari masyarakat dengan program Tapera,” ujarnya.

Meski demikian, dia memproyeksikan perbankan akan mendapatkan keuntungan ganda, bila dana Tapera mengendap dan dapat dikelola bank. Selain permintaan KPR juga disulut meningkatnya dana pihak ketiga seperti tabungan hingga deposito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini