Konten Premium

Kelanjutan Nasib Batu Bara di India pada Periode ke-3 Modi

Bisnis.com,10 Jun 2024, 11:30 WIB
Penulis: Reni Lestari
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Tuticorin, milik Tamil Nadu Generation and Distribution Corp. (TANGEDCO), di Tuticorin, India, pada Kamis (21/3/2024). Bloomberg/Prashanth Vishwanathan.

Bisnis.com, JAKARTA — Perdana Menteri India Narendra Modi yang akan memasuki periode ketiganya, menginginkan negara itu merangkul era hijau baru di garis depan diplomasi iklim dan teknologi bersih. Bagaimana nasib batu bara di salah satu negara importir terbesar bahan bakar fosil itu?

India diketahui merupakan salah satu pelanggan teratas batu bara Indonesia, selain China. Adapun, agar berhasil dengan target hijaunya, Modi harus menyeimbangkan ambisi tersebut dengan kebutuhan untuk mempertahankan pertumbuhan dan memenuhi permintaan listrik yang meningkat pesat, dengan mengandalkan sistem tenaga listrik yang masih sangat bergantung pada batu bara.

Modi akan berada di bawah tekanan untuk membuat kemajuan yang lebih cepat menuju target hijau, termasuk janji untuk mencapai nol emisi bersih pada 2070, memasang 500 gigawatt energi nonfosil yang sangat besar pada akhir dekade ini, dan menggalang aliansi global di bidang tenaga surya yang bertujuan untuk mengamankan investasi sebesar US$1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini