50 Daftar Produk Makanan, Kosmetik dan Perusahaan Pendukung Okupasi Israel

Bisnis.com,12 Jun 2024, 17:25 WIB
Penulis: Redaksi
Daftar boikot produk dan perusahaan terafiliasi Israel. Dok The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Perang yang terjadi antara Israel dan Palestina selama beberapa bulan terakhir kian memanas. Seruan boikot penggunaan produk hingga layanan yang mendukung Israel terus menggema di banyak tempat. Berikut ini daftar produk dan perusahaan yang mendukung Israel.

Bahkan,  di Tanah Air, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa mengharamkan dukungan pada Israel. 

Fatwa tersebut tertuang pada Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina yang telah ditetapkan pada November 2023 dalam sidang rutin Komisi Fatwa MUI.

Di Indonesia sendiri  terdapat banyak produk turunan yang diduga terafiliasi dari negara Yahudi yang mendukung Israel. Hal ini karena Indonesia melakukan impor beberapa komoditas, seperti peralatan mekanis, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia, hingga mesin perlengkapan elektrik.

Tidak hanya itu, ada juga produk makanan, minuman yang mendukung kekejaman dari Israel. Berdasarkan informasi yang dihimpun pada Senin (10/06/2024). Berikut daftar produk atau brand yang pro kebijakan Israel :

Produk Makanan dan Minuman Pendukung Israel

Produk Makanan dan Minuman hingga Kebutuhan Sehari-hari

Produk Bumbu Dapur

Merek Es Krim

Merek Kosmetik dan Perawatan Kulit

Produk Susu

Sementara menurut data BDS Movement gerakan boikot terhadap perusahaan yang masuk ke dalam daftar kategori "Sasaran Boikot Konsumen", berikut daftar perusahaan pendukung Israel.

Daftar Perusahaan Pendukung Israel

Sebagai bentuk anti-agresi yang sedang terjadi, kini masyarakat mulai menghindari produk-produk yang dianggap pro Israel. Masyarakat bisa mengunjungi situs bdnaash.com, dan memeriksa merek atau produk yang dianggap pro Israel.

Bdnaash.com merupakan platform yang mempromosikan produk konsumsi dengan teliti serta mengidentifikasi/memfasilitasi akses terhadap informasi mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang mendukung atau tidak mendukung pendudukan ilegal Israel atas Palestina.

Demikian daftar produk dan perusahaan pendukung Israel yang diserukan boikot oleh masyarakat di Indonesia.

(Maria Jessica Elvera Marus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini