Dalam Sebulan 2 Direktur KB Bank (BBKP) Undur Diri, Begini Kata Manajemen

Bisnis.com,20 Jun 2024, 11:05 WIB
Penulis: Arlina Laras
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang KB Bank di Jakarta, Senin (4/3/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Dua direktur PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) atau KB Bank terpantau pamit undur diri pada Juni 2024. Perusahaan melaporkan telah menerima surat pengunduran diri masing-masing pada 3 Juni 2024 dan 19 Juni 2024. 

Teranyar, Direktur KB Bank Yohanes Suhardi undur diri dari KB Bank. Manajemen KB Bank menyebut perseroan telah menerima surat pengunduran dirinya pada 19 Juni 2024. 

Sementara itu, masih di bulan yang sama, tepatnya 3 Juni 2024, Manajemen KB Bank juga menerima surat pengunduran diri dari direkturnya yang lain yakni Young Eun Moon.

Corporate Relation Department Head KB Bank Adi Pribadi menyampaikan pengunduran dua direktur ini merupakan bagian dari rencana pertumbuhan yang telah disiapkan bersama dengan induk usaha mereka, yaitu KB Financial Group.

“Dapat kami sampaikan bahwa Bapak Young Eun Moon dan Bapak Yohanes Suhardi telah memenuhi masa jabatan beliau dengan baik sesuai periode jabatan yang ditetapkan,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (19/6/2024)

Perseroan juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi kedua Direksi bagi perseroan selama ini, serta meyakinkan para pemangku kepentingan, pemegang saham dan nasabah bahwa masa transisi ini telah direncanakan dengan baik.

Lebih lanjut, perseroan juga tetap berkomitmen untuk menjaga kelancaran operasional perseroan, sehingga tidak terdapat dampak material terhadap kegiatan usaha dan operasional dari pengunduran diri Young Eun Moon dan Yohanes Suhardi.

Sebagaimana diketahui, Yohanes menjabat sebagai Direktur di KB Bank sejak 2021. Dia pun telah memiliki sederet pengalaman di bidang keuangan.

Sebelum masuk KB Bank, dia menjabat sebagai Komisaris PT Sahabat Financial Keluarga. Yohanes juga tercatat pernah menjabat sebagai EVP National Head SME Banking, di PT Bank Permata, Tbk. (BNLI) dan SVP National Head SME Credit Bank Permata. Sebelumnya, Yohanes merupakan VP Commercial & Corporate Team Leader, PT Bank OCBC Indonesia, Tbk. (NISP).

Sementara itu, Young Eun Moon menjadi sosok yang mengajukan pengunduran diri pada awal Juni 2024. Dirinya sempat diangkat menjadi Direktur Teknologi Informasi (IT) melalui persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) 24 Agustus 2022.  

Young Eun Moon merupakan berkewarganegaraan Korea Selatan yang memiliki banyak pengalaman di industri perbankan internasional, yakni pada pengembangan bisnis, teknologi informasi, dan digital.  

“Pengalaman dan pemahaman mengenai pengembangan bisnis perbankan secara keseluruhan mencakup pinjaman, keuangan perusahaan, manajemen aset, dan online banking,” tulis manajemen BBKP beberapa waktu lalu.  

Sedangkan, untuk pengembangan teknologi informasi dan digital, Eun Moon berhasil memimpin next-generation project sebagai Biz Project Management Office (PMO) Leader dan IT PMO Head pada saat mempromosikan KB next-generation project.

Selain itu, Eun Moon juga berhasil mengembangkan aplikasi KB Mobile Banking, yang digunakan oleh 28 juta nasabah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini