Konten Premium

Negeri Asean Terdepan soal Energi Terbarukan: Filipina

Bisnis.com,24 Jun 2024, 10:00 WIB
Penulis: Lukman Nur Hakim
Turbin angin di Aklan, Filipina pada Minggu (17/3/2024) yang merupakan bagian dari proyek pembangkit listrik tenaga angin Nabas atau Nabas Wind Power Project (NWPP), yang dioperasikan Petrowind Energy Inc. - Bloomberg/Geric Cruz

Bisnis.com, JAKARTA — Sebesar 99 gigawatt listrik, yang mampu memasok seluruh rumah tangga negara, berhasil diamankan oleh pembangkit listrik tenaga angin dan surya Filipina. Negeri mutiara laut dari Orien itu pun menjadi jawara soal energi baru dan terbarukan (EBT) di Asia Tenggara.

Seperti negara-negara berpenghasilan menengah lainnya, Filipina pun berjibaku untuk bisa menyeimbangkan peralihan dari penggunaan bahan bakar fosil dengan kenaikan permintaan energi seiring pertumbuhan ekonomi. Namun, Filipina mencatatkan perkembangan yang pasti dari kuatnya investasi yang masuk ke energi bersih.

Dilansir dari Bloomberg, tercatat bahwa proyek-proyek EBT di Filipina mampu mengamankan jaringan listrik hingga 99 gigawatt (GW), yang berasal dari pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini