Konten Premium

Meneropong Arah Saham Jasa Marga (JSMR) Usai Divestasi Transjawa

Bisnis.com,02 Jul 2024, 11:22 WIB
Penulis: Ana Noviani
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Jumat(12/4/2024). Arus Balik di jalan tol Pejagan-Pemalang pada H+2 Lebaran terpantau ramai lancar di kedua arah./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Jalan panjang upaya pendanaan berbasis ekuitas (equity financing) oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) akhirnya mencapai titik terang. Emiten BUMN jalan tol itu menggandeng entitas usaha Grup Salim dan GIC sebagai mitra strategis untuk mengelola jalan tol Transjawa. 

Jalan tol Transjawa dikelola JSMR melalui anak usahanya PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) yang mulai beroperasi komersial pada 2 Juni 2017. Hingga 31 Maret 2024, JSMR memiliki 99% saham JTT dengan total aset sebelum eliminasi mencapai Rp60,89 triliun. 

Nixon Sitorus, Corporate Secretary dan Chief Administration Officer Jasa Marga, menjelaskan pendanaan berbasis ekuitas itu dilakukan melalui dua skema. Pertama, penjualan sebagian saham milik JSMR di JTT. Kedua, penerbitan sejumlah saham baru di JTT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ana Noviani
Terkini