Blak-blakan Bos BCA soal Groundbreaking di IKN, Buka Kantor Cabang?

Bisnis.com,07 Agt 2024, 16:49 WIB
Penulis: Reyhan Fernanda Fajarihza
Presiden Direktur BCA (BBCA) Jahja Setiaatmadja dalam Konferensi Pers Kinerja Semester I/2024, Rabu (24/7/2024)/tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja buka suara perihal peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Mulanya, dia menyebut bahwa peletakan batu pertama akan dilakukan pada Senin (12/8/2024) alias beberapa hari menjelang perayaan HUT RI ke-79.

“Nah, mau bikin apa? Kalau bikin [kantor] cabang, kita [BCA] di Balikpapan ada,” katanya dalam pembukaan BCA UMKM Fest di Jakarta Selatan pada Rabu (7/8/2024).

Selain itu, dia berpendapat bahwa kondisi IKN Nusantara saat ini belum dipenuhi penduduk dan hanya didominasi oleh para pekerja.

Oleh karenanya, Jahja memberi sinyal bahwa pembukaan kantor cabang urung dilakukan. Pihaknya mengalihkan fokus kepada penyediaan platform bagi industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menggenjot ekspor.

“Kita berpikir kalau kita punya seluruh platform untuk ekspor. Jadi nanti [groundbreaking) kita buatkan itu, secara bergantian kita undang para UMKM agar matching dengan alliance bank,” imbuhnya.

Menurutnya, BCA memiliki aliansi perbankan di pelbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, hingga Korea Selatan.

Jahja berharap agar perwakilan bank mancanegara tersebut dapat datang ke Nusantara untuk meneropong prospek sekaligus mempromosikan kepada nasabah yang membutuhkan impor.

Dengan demikian, dirinya meyakini bahwa langkah tersebut dapat menjadi insiatif pihaknya untuk mengerek tingkat ekspor negara.

“Karena untuk di IKN kita perlu memperkenalkan itu, juga dengan mengundang dari luar. Mudah-mudahan ini bisa berhasil,” tandas dia.

Berdasarkan catatan Bisnis, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala OIKN Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal melakukan groundbreaking proyek investasi di IKN dalam waktu dekat.

Basuki bahkan memberi sinyal bahwa proses groundbreaking rencananya akan dilakukan pada bulan ini. Namun demikian, sifatnya masih dinamis karena mesti menunggu jadwal dari Istana. 

"Nanti saat Pak Presiden ke sana [akan groundbreaking]. Ini rencananya, ini rencana loh ya," jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (2/8/2024).

Lebih lanjut, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menjelaskan, setidaknya terdapat empat hingga lima perusahaan yang akan melaksanakan groundbreaking dalam waktu dekat.

Agung menyebut, beberapa di antaranya adalah PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) atau BCA hingga PT Intiland Development Tbk. (DILD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini