SMF Refinancing Utang Bank Sahabat Sampoerna Rp350 Miliar

Bisnis.com,30 Agt 2024, 14:52 WIB
Penulis: Pernita Hestin Untari
Warga melintas di dekat logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menyalurkan pembiayaan sebesar Rp350 miliar kepada Bank Sahabat Sampoerna melalui skema Refinancing Kredit Multi Guna (KMG).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan pembiayaan KMG bagi Bank Sahabat Sampoerna dapat digunakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pekerja untuk melakukan renovasi rumah. 

“Bagi pekerja penghasilan tetap, pembiayaan ini dapat digunakan untuk merenovasi rumah, sementara bagi pelaku UMKM, pembiayaan ini bisa dimanfaatkan untuk merenovasi rumah yang juga dapat dijadikan tempat usaha,” kata Ananta dalam keterangan resminya pada Jumat (30/8/2024). 

Refinancing KMG ini nantinya akan diperuntukkkan oleh Bank Sahabat Sampoerna bagi calon debitur di seluruh wilayah Indonesia khususnya di seluruh area kantor cabang yakni Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

Direktur Finance & Business Planning Bank Sahabat Sampoerna Henky Suryaputra mengatakan  kerja sama ini sejalan dengan visi misi Bank Sahabat Sampoerna sendiri yang fokus pada pengembangan UMKM dalam mensejahterakan masyarakat hingga di pelosok Indonesia. 

“Bukan hanya pembiayaan, tapi kita terus menggerakan bagaimana UMKM bisa tumbuh menjadi entrepreneur yang baik,” katanya. 

Adapun berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional mencapai sebesar 60,5%. Ini menunjukan bahwa UMKM yang ada di Indonesia memiliki potensi untuk dikembangkan hingga dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini