Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2024 Digelar, Apresiasi Tinggi bagi Sektor Keuangan

Bisnis.com,18 Sep 2024, 13:33 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Dewan Juri BIFA 2024./Bisnis - Arlina

Bisnis.com, JAKARTA -- Bisnis Indonesia kembali menyelenggarakan Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2024, sebuah ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada perusahaan dan individu berprestasi di sektor keuangan. Acara ini bertujuan mengapresiasi peran vital sektor keuangan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Lulu Terianto, Presiden Direktur Bisnis Indonesia Group, dalam video pengantar Rabu (18/9/2024), menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang mampu mencatatkan kinerja positif dan efisien, serta konsisten menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

"Penghargaan ini kami berikan kepada perusahaan yang mampu mencatatkan kinerja yang positif dan efisien serta konsisten menjalankan usaha dengan GCG," kata Lulu  di Rafles Hotel Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Ajang BIFA 2024 hadir di tengah ketidakpastian global yang semakin dinamis. Ini terlihat dari ekonomi Indonesia berhasil tumbuh sebesar 5,05% pada Kuartal II/2024, salah satunya berkat kontribusi sektor keuangan yang terus mendukung pemulihan ekonomi. Perbankan Indonesia, misalnya, mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 12,36% pada Juni 2024, dengan rasio kredit bermasalah (NPL) yang terjaga di bawah 3%. Rasio kecukupan modal (CAR) juga mengalami peningkatan, dari 26,09% pada Juli 2024 menjadi 26,61%.

Selain sektor perbankan, industri asuransi dan pembiayaan juga menunjukkan kinerja yang solid. Transformasi digital, inovasi produk, serta komitmen terhadap keberlanjutan bisnis menjadi kunci kemajuan sektor ini.

BIFA 2024 merupakan penyelenggaraan ke-16 sejak ajang ini pertama kali diadakan. Penghargaan yang sebelumnya dikenal sebagai Bisnis Indonesia Banking Award dan Bisnis Indonesia Insurance Award ini mulai bertransformasi menjadi Bisnis Indonesia Financial Award pada 2017, dengan tujuan mendorong kemajuan di sektor perbankan, asuransi, dan pembiayaan.

Penghargaan tahun ini diberikan kepada sejumlah kategori, antara lain bank konvensional berdasarkan Kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (KBMI), bank syariah, bank digital, asuransi umum, asuransi jiwa, serta perusahaan pembiayaan. Penghargaan juga diberikan untuk perusahaan yang telah go public dan perusahaan dengan aset tertentu sesuai kelasnya.

Dengan terselenggaranya BIFA 2024, diharapkan perusahaan-perusahaan di sektor keuangan terus mencatatkan kinerja yang gemilang dan efisien, serta konsisten menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini