Ada 15 Bank Bangkrut di RI pada Tahun Ini, Bakal Bertambah?

Bisnis.com,12 Okt 2024, 12:16 WIB
Penulis: Fahmi Ahmad Burhan
Petugas Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memasang informasi di PT BPR Sembilan Mutiara, Pasaman, Provinsi Sumatra Barat./ Dok. LPS RI

Bisnis.com, JAKARTA — Telah terjadi lonjakan jumlah bank bangkrut di Indonesia sepanjang 2024 berjalan. Akankah jumlah bank bangkrut terus bertambah hingga akhir tahun ini?

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sudah ada 15 bank bangkrut di Indonesia hingga kuartal III/2024.

Semya bank bangkrut merupakan bank perekonomian rakyat (BPR). Terbaru, OJK resmi mencabut izin usaha bank bangkrut yakni PT BPR Nature Primadana Capital.

Jumlah bank bangkrut pada tahun ini telah mengalami peningkatan pesat hampir empat kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pada 2023, OJK mencatat hanya terdapat empat bank bangkrut di Indonesia.

Sementara, rata-rata tiap tahunnya terdapat 7-8 bank bangkrut di Indonesia. Apabila ditarik sejak 2005, maka total ada 137 bank bangkrut di Tanah Air. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan penyebab maraknya BPR yang bangkrut yakni adanya penyalahgunaan atau fraud. OJK pun terpaksa mencabut izin usaha bank bangkrut tersebut.

"Hal tersebut [pencabutan izin usaha] dilakukan karena pemegang saham dan pengurus BPR tidak mampu melakukan upaya penyehatan terhadap BPR/BPRS yang sebagian besar terjadi karena adanya penyimpangan dalam operasional BPR," ujar Dian dalam jawaban tertulis pada Jumat (11/10/2024).

Dian mengatakan OJK terus melakukan tindakan pengawasan termasuk potensi adanya bank bangkrut tambahan pada akhir tahun ini.

Namun, dia enggan menjawab jumlah bank yang statusnya dalam ancaman penutupan.

Meski begitu, menurut Dian, OJK terus memastikan rencana tindak penyehatan dilakukan oleh beberapa bank yang berstatus pengawasan bank dalam penyehatan. 

Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan atau kondisi bank terus memburuk, maka OJK akan melakukan tindakan pengawasan selanjutnya, hingga kemudian menjalankan langkah terakhir yakni mencabut izin usaha.

Sebelumnya, Dian mengatakan bahwa sepanjang tahun ini akan ada 20 bank bangkrut di Indonesia.

"Kemungkinan [tahun ini] sampai 20 BPR, tapi kan itu sudah tutup, tinggal likuidasinya saja," ujarnya saat ditemui awak media di Hotel Kempinski Jakarta pada Maret lalu (22/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini