Tips Mengelola Pinjaman Bank dengan Bijak

Bisnis.com,18 Okt 2024, 09:31 WIB
Penulis: Media Digital
Foto: Tips Mengelola Pinjaman Bank dengan Bijak

Bisnis.com, JAKARTA - Dana pinjaman memang bisa menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembelian rumah, kendaraan, atau modal untuk usaha.

Tapi jika hal tersebut dilakukan tanpa adanya perencanaan dan pengelolaan yang bijak, tentunya dapat memicu beban yang lebih berat. Mengelola dana pinjaman adalah kunci keuangan yang sehat dan agar dana tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Di setiap kemudahan pinjaman dana, ada tanggung jawab besar yang perlu dikelola dengan hati-hati.

Mengelola pinjaman dengan bijak bukan hanya soal membayar cicilan tepat waktu, tetapi juga mengatur strategi finansial yang cermat agar pinjaman tersebut tidak menjadi beban di kemudian hari. Berikut adalah cara bijak untuk mengatur dana pinjaman bank.

1. Buat Perencanaan Keuangan yang Matang

Sebelum mengajukan dana pinjaman, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan keuangan yang matang.

Tentukan tujuan pasti dari pinjaman tersebut apakah untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha dan investasi atau mungkin untuk kebutuhan konsumtif seperti pembelian barang.

Setelah menetapkan tujuan, lalu hitung dengan cermat berapa jumlah dana pinjaman yang Anda butuhkan dan besaran cicilan yang mampu dibayar setiap bulannya. Idealnya, cicilan bulanan tidak boleh melebihi 30% dari total pendapatan bulanan Anda.

Perencanaan keuangan dapat membantu Anda memahami seberapa besar kemampuan finansial Anda dalam mengelola pinjaman dari bank.

Tanpa melakukan perencanaan yang matang, Anda bisa saja mengambil pinjaman bank yang terlalu besar sehingga ada risiko kesulitan untuk membayarnya di kemudian hari.

2. Pilih Tenor Pinjaman yang Sesuai

Memilih jangka waktu atau tenor pinjaman merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Jika Anda memilih tenor yang panjang, maka cicilan bulanannya lebih rendah. Tetapi di sisi lain, suku bunga yang harus Anda bayarkan akan lebih besar.

Sebaliknya, jika Anda memilih tenor yang lebih pendek, maka suku bunga yang perlu Anda bayarkan lebih rendah, namun cicilan setiap bulannya akan jauh lebih besar.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Penting juga untuk mempertimbangkan kemungkinan perubahan pendapatan dan pengeluaran di masa depan.

3. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Disiplin membayar cicilan tepat waktu merupakan hal paling utama dan efektif untuk menjaga kesehatan finansial. Jika Anda membayar cicilan tepat waktu, hal ini dapat menghindarkan Anda dari denda keterlambatan dan berkontribusi positif dalam meningkatkan skor kredit Anda.

4. Gunakan Pinjaman untuk kebutuhan Produktif

Manfaatkan dana pinjaman untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha atau investasi yang nantinya berpotensi untuk memberikan nilai tambah di masa depan. Hindari menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan yang tidak memberikan nilai tambah seperti liburan mewah, atau membeli barang yang kurang mendesak.

Lewat Neo Pinjam, BNC Berikan Layanan Pinjaman Bank

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) telah dipercaya oleh lebih dari 27 juta nasabah. Kesuksesan BNC dapat dikaitkan dengan tingkat kepuasan dan loyalitas dari nasabah serta kinerja yang terus meningkat. PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Salah satu layanan utama dari BNC adalah Neo Pinjam, yang dirancang untuk menawarkan berbagai kemudahan, termasuk pinjaman bank tanpa memerlukan agunan, proses pengajuan lewat aplikasi yang efisien, pencairan dana langsung ke rekening Anda dengan tenor dari 2 hingga 6 bulan. Namun perlu diingat bahwa meskipun proses pengajuan terbilang mudah, tetap ada proses evaluasi kelayakan yang dilakukan.

Dengan layanan Neo Pinjam, BNC berkomitmen untuk memberikan solusi finansial terbaik bagi pelanggan, yang akan mendukung peningkatan kualitas hidup di masa depan.

Namun, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kemampuan finansial secara matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk meminjam karena bagaimanapun juga, pinjaman ini mengandung risiko. Unduh aplikasi neobank dari Bank Neo Commerce dan nikmati berbagai kemudahan serta manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Media Digital
Terkini