BTPN Syariah (BTPS) Cetak Laba Rp771 Miliar pada Kuartal III/2024

Bisnis.com,25 Okt 2024, 15:45 WIB
Penulis: Arlina Laras
Pejalan kaki berjalan melewati logo PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk atau BTPN Syariah di Jakarta, Senin (13/1/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS) mencatatkan laba bersih sebesar Rp771 miliar dengan penyaluran pembiayaan sebesar Rp10,33 triliun pada kuartal III/2024.

Pada periode yang sama, rasio keuangan BTPN Syariah juga tetap kuat, di mana tingkat pengembalian aset alias return on asset (RoA) berada pada level 6,1%. 

Selanjutnya, rasio kecukupan modal (CAR) 51,7% atau jauh di atas rata-rata industri, sehingga ketahanan BTPN Syariah sangat terjaga. Hal ini membuat bank terbuka untuk memberikan opsi pembayaran dividen (dividend payout ratio/DPR) tahun depan konsisten dengan yang diberikan di 2024.

Direktur BTPN Syariah Fachmy Achmad mengatakan di tengah situasi yang masih menantang bagi segmen ultra mikro, kinerja BTPN Syariah kuartal III/2024, tercatat sesuai prediksi. 

Menurutnya, kinerja ini ditunjang oleh berbagai upaya yang dilakukan oleh perseroan untuk meningkatkan kualitas pembiayaan yang menjadi fokus bisnis, salah satunya dengan memberikan pelayanan tuntas kepada seluruh nasabah, mulai dengan memperkuat kembali perilaku unggul nasabah, hingga diberangkatkan umrah satu pesawat, semua upaya disambut baik oleh nasabah.

“Bank terus berusaha menciptakan stabilisasi bisnis dengan berbagai program dimulai dari meningkatkan kedisiplinan nasabah, kekompakan sentra, serta program peningkatan usaha nasabah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2024). 

Sebagaimana diketahui, perilaku unggul yang kembali diperkuat yakni BDKS; Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu, telah dibangun sejak pertama kali nasabah tertarik dengan produk dan layanan Bank dan dipacu untuk menjadi kebiasaan sehari-hari nasabah. 

BDKS ini juga dinilai mampu menumbuhkan rasa solidaritas antar nasabah, sehingga terbangun rasa yang kuat untuk saling tolong menolong jika ada yang mengalami kesulitan.

Pada akhirnya, nasabah yang memiliki perilaku unggul yang akan bertahan dan mampu melewati berbagai tantangan dalam menggunakan pembiayaan dan membesarkan usahanya. 

Penanaman perilaku unggul yang secara konsisten dilakukan dalam sebuah kumpulan rutin yang bertemu setiap dua minggu sekali ini disebut PRS; Pertemuan Rutin Sentra.

Di PRS, BTPS memberikan semua pelayanan kepada nasabah secara tuntas, baik akses terhadap modal usaha, hingga akses terhadap ilmu pengetahuan agar nasabah bisa membesarkan usahanya. 

Di samping itu, berbagai apresiasi berupa cashback bagi nasabah inspiratif dan doorprize bagi sentra yang kompak juga diberikan dalam PRS.

Dengan menunjukkan konsistensi BDKS, perseroan turut memberikan berbagai apresiasi baik perorangan maupun terhadap seluruh anggota kumpulan yang disebut Sentra. Misalnya Sentra Putri Kartini di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, seluruh anggota Sentra yang berjumlah 16 untuk dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci melalui program Umroh Satu Pesawat BTPN Syariah yang telah dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2024 lalu. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan usaha nasabah, BTPN Syariah juga memberikan akses pemasaran bagi nasabah pengrajin dan produksi melalui program Semarak Daya, serta pemberdayaan oleh mahasiswa melalui program Bestee (Berdaya Bersama Sahabat Tepat Indonesia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini