Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda NTT : Penyelundupan Benih Lobster Terus Terjadi

Polda NTT mensinyalir kasus penyelundupan benih-benih lobster ke daerah lain di luar NTT masih sering terjadi dan dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, KUPANG - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur mensinyalir kasus penyelundupan benih-benih lobster ke daerah lain di luar NTT masih sering terjadi dan dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

"Sebelum saya pindah ke sini saya sering menangkap para pelaku penyelundupan benih lobster yang kebanyakan dari Nusa Tenggara Timur dan juga dari Nusa Tenggara Barat," kata Kapolda NTT  Irjen Pol Hamidin di Kupang, Rabu (4/12).

Hal ini disampaikan saat menghadiri acara puncak peringatan hari ulang tahun ke-69 Polisi Perairan yang dilakukan oleh Polair Polda NTT secara sederhana di ibu kota provinsi kepulauan itu.

Komandan berbintang dua itu menilai bahwa sumber daya laut NTT sendiri diketahui sangatlah besar. Dengan potensi yang besar itu tentu saja akan mengangkat anggaran pendapatan daerah (APBD) NTT.

Namun jika dengan ada temuan kasus penyelundupan benih lobster itu tentu saja akan sangat berpengaruh pada hasil tangkapan nelayan serta akan berpengaruh pada harga lobster di dunia.

"Saat ini Vietnam menjadi daerah dengan produksi lobster terbesar di dunia, namun perlu diketahui bahwa bibit-bibit lobster itu diambil dan diselundupkan dari NTT dan NTB," ujar dia seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu saya harapkan Polair Polda NTT harus lebih sering melakukan patroli laut untuk mencegah kejahatan terkait dengan kelautan, seperti pemboman ikan serta penyelundupan benih lobster dan penangkapan ikan secara ilegal.

"Saya sudah perintahkan agar polair Polda NTT bisa lebih sering melakukan patroli laut, walaupun dengan fasilitas yang belum memadai, namun tetap harus dilakukan," tambahnya.

Mantan Kapolda Sulsel tersebut juga menyampaikan terima kasihnya kepada Lantamal VII Kupang yang telah membantu Polair Polda NTT dalam membekuk pelaku kejahatan di laut beberapa waktu lalu.

Menurut dia sinergitas antar instansi harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan di laut khususnya di NTT seperti salah satunya penyelundupan benih lobster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler