Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delegasi G20 dari 21 Negara Mulai Tiba di Bali

Pada tahap awal kedatangan delegasi, ada sebanyak 21 negara yang ikut serta dalam pertemuan di Provinsi Bali, berdasarkan jadwal kedatangan delegasi G20 tanggal 7 - 8 Desember 2021.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021)./Kominfo-Amiri Yandi
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021)./Kominfo-Amiri Yandi

Bisnis.com, DENPASAR - Delegasi G20 dijadwalkan mulai mendatangi Bali untuk menghadiri Agenda Presidensi yang dilakukan dalam rentang waktu Desember 2021 hingga Oktober 2022 mendatang.

Perhelatan ini dibagi dua fokus, sherpa track dan finance track. Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk pertemuan baik di tingkat Working Group, Deputies, Minister dan akan ditutup oleh Pertemuan Tingkat Tinggi Kepala Negara Anggota G20. Khusus 9-10 Desember 2021, Indonesia akan mengadakan pertemuan finance track. 

Sebagai tahap pertama, sebanyak 25 delegasi telah tiba di Bali menggunakan pesawat udara Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4180 pada 7 Desember 2021 pukul 24.00 WITA.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali Herry A.Y Sikado mengatakan, sebagai gerbang utama kedatangan para delegasi G20 masuk di Provinsi Bali, pihaknya mendukung penuh kegiatan internasional ini dengan menyiapkan fasilitas alur khusus

Menurutnya, saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, para delegasi G20 dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kemudian diarahkan ke lounge khusus sambil menunggu proses pengambilan bagasi hingga meninggalkan bandara melalui loading dock Terminal Internasional.

"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali mendukung penuh kegiatan G20 dengan menyiapkan fasilitas alur khusus saat tiba sehingga tidak bercampur dengan penumpang umum lainnya, yakni melalui akses terminal internasional," katanya seperti dikutip dalam rilis, Rabu (8/12/2021).

Herry mengatakan pemberlakuan protokol kesehatan ketat akan tetap diutamakan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali sebagai antisipasi pandemi Covid-19. Apalagi, pada tahap awal kedatangan delegasi, ada sebanyak 21 negara yang ikut serta dalam pertemuan di Provinsi Bali, berdasarkan jadwal kedatangan delegasi G20 tanggal 7 - 8 Desember 2021.

"Semua kesiapan sebelumnya telah kami koordinasikan kepada pihak-pihak terkait, sehingga kedatangan delegasi G20 malam hari ini berjalan lancar, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang ikut bersinergi membantu proses kedatangannya," sebutnya.

Lebih lanjut, jadwal kepulangan delegasi G20 nantinya akan berlangsung tanggal 10 - 11 Desember 2021. Adapun agenda ini merupakan agenda Presidensi G20 yang dilaksanakan secara bertahap dalam rentang waktu Desember 2021 hingga Oktober 2022 mendatang.

Dengan agenda tersebut, berbagai kegiatan internasional akan digelar di Provinsi Bali.

"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali terus berupaya melakukan kesiapan peningkatan layanan, sehingga tamu delegasi G20 dapat merasa nyaman tiba maupun berangkat, sambutan pertama pastinya di bandara maka dari itu kami persiapkan sebaik mungkin," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler