Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakai Sistem Merit, Ke Depan Mutasi di Pemprov Jabar Tak Perlu Lelang Terbuka

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan segera merotasi ratusan eselon IV di lingkungan Pemprov Jabar dalam waktu dekat. Awal bulan Juli ini, pihaknya sudah menggelar rotasi sekitar 200 pejabat eselon III.
Ridwan Kamil/Bisnis
Ridwan Kamil/Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan segera merotasi ratusan eselon IV di lingkungan Pemprov Jabar dalam waktu dekat. Awal bulan Juli ini, pihaknya sudah menggelar rotasi sekitar 200 pejabat eselon III.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar Jerry Yanuar mengatakan proses rotasi dan mutasi yang dilakukan saat ini dipastikan melalui pertimbangan yang matang juga adil. Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga menjadi bahan pertimbangan utama. "Kompetensi menjadi hal utama dalam mutasi Jabatan," katanya, Selasa (16/7/2019).

Jerry menuturkan pihaknya menetapkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Kualifikasi akan dilihat dari tingkat pendidikan formal yang dimiliki. Kompetensi dapat dilihat dari berbagai keahlian dan sertifikat yang dimiliki, dan kinerja selama menjadi ASN akan terlihat.

"Kami menggunakan pendekatan sistem merit, dengan cara demikian maka di masa nanti tidak akan ada open bidding, sebab data ASN sudah siap, tinggal nanti dipilih yang paling bagus," tuturnya.

Bahkan untuk penilaian akan dilakukan oleh pimpinan sekita 40%, rekan sekerja sebesar 35%, bawahan sebesar 20% dan hanya 5% yang berasal dari penilaian diri sendiri.

Informasi yang diterima Bisnis, rotasi dan mutasi dalam jumlah besar ini akan digelar pada 1 Agustus mendatang, dimana proses penetapan calon pejabat eselon IV dilakukan Ridwan Kamil seusai kunjungan dari Swedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper