Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Depok Dapat Bantuan Pemeriksaan Hewan Kurban dari IPB

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Jawa Barat mendapat bantuan 65 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem hewan kurban pada Iduladha 1440 Hijriah/2019.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,DEPOK - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Jawa Barat mendapat bantuan 65 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem hewan kurban pada Iduladha 1440 Hijriah/2019.

"Bantuan kita dapat dari mahasiswa FKH IPB. Ini menjadi solusi keterbatasan kami untuk memeriksa kesehatan hewan kurban," kata Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah, di Depok, Rabu (17/7/2019).

Dikatakannya, mulai H-15 Iduladha akan dilakukan pemeriksaan lapak oleh petugas DKPPP. Kemudian pada H-1 dan hari-H pemeriksaan antemortem dan postmortem dilakukan oleh petugas di titik pemotongan yang dilakukan warga atau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Pihaknya dibantu mahasiswa dan dosen pendamping  FKH IPB serta petugas Keswan Kementerian Pertanian. Rencananya hingga H+3 masih terus dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari DKPPP.

"Pada hari-H kami juga dibantu oleh anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti hewan kurban harus memenuhi persyaratan syariat Islam," ujarnya.

Persyaratan yang dimaksud, kata Diah, antara lain cukup umur dan tidak cacat. Selain itu, pemotongan hewan kurban juga harus memperhatikan kesejahteraan hewan dengan tidak menyiksanya dan harus diperlakukan dengan baik.

 Begitu pun sebelum dipotong, harus dipelihara dengan baik. Misalnya, kandang diberi atap peneduh serta diberi makan dan minum yang cukup.

"Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka harus dikembalikan atau disarankan tidak dijual untuk keperluan kurban," demikian Diah Sadiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler