Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakil Wali Kota Bandung Ingin Stadion GBLA Lebih Baik dari Wayan Dipta

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana bertekad segera mengaktivasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau GBLA. Ia yakin Stadion GBLA memiliki potensi yang besar untuk menyejahterakan warga Kota Bandung.
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berada di Stadion I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar Bali, Sabtu (18/1/2020)/Istimewa
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berada di Stadion I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar Bali, Sabtu (18/1/2020)/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana bertekad segera mengaktivasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau GBLA. Ia yakin Stadion GBLA memiliki potensi yang besar untuk menyejahterakan warga Kota Bandung.

Keyakinan Yana semakin besar setelah meninjau langsung Stadion I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar Bali, Sabtu (18/1/2020).

Stadion yang menjadi markas Bali United dan hanya berkapasitas sekitar 25.000 penonton ternyata mampu memberdayakan masyarakat. Selain itu, Pengelolaan Stadion I Wayan Dipta secara profesional mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gianyar.

"Jika dikelola secara profesional, ternyata sangat memberikan manfaat yang cukup besar. Tak hanya untuk pemerintah, tetapi juga untuk masyarakat," kata Yana dalam rilis yang diterima bisnis.com.

Pada kunjungan tersebut terungkap bahwa Pemkab Gianyar memberikan izin pengelolaan stadion kepada Bali United. Tim kebanggaan warga Bali itu memperoleh kontrak penggunaan selama 5 tahun.

Pemkab Gianyar memberikan izin kepada Bali United untuk menambah fasilitas di stadion tanpa mengubah bentuk dasarnya.

Setelah memperoleh kontrak, Bali United lalu memperbaiki Stadion I Wayan Dipta. mulai dari memperbaiki rumput lapangan, membangun kolam rendam untuk pemain, membuka toko resmi, cafe, hingga arena permainan anak-anak. 

"Kini Pemkab Gianyar memperoleh PAD sekitar Rp1 milar setahun hanya dari stadion. Jika Stadion GBLA bisa dikelola secara profesional, hasilnya akan jauh lebih besar dari itu. Karena setiap satu kali pertandingan Persib, Pemkot Bandung bisa memperoleh PAD sekitar Rp200 juta," ungkap Yana.

Untuk itu, Yana mengaku akan segera menyelesaikan beberapa persoalan yang membuat Stadion GBLA belum dapat digunakan sepenuhnya. 

"Kita akan segera selesaikan. Doakan saja agar lancar dan bisa segera diaktivasi," kata Yana.

Sedangkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Edi Marwoto menegaskan perlu ada kesepahaman agar stadion GBLA bisa seperti stadion I Wayan Dipta. Edi menyebut Pemkot Bandung memang perlu bekerja sama dengan pihak ketiga yang secara profesional mampu menghidupkan Stadion GBLA.

"Stadion GBLA bisa jauh lebih baik dari I Wayan Dipta. Salah satunya dengan bekerja sama dengan pihak ketiga
yang memliki jaringan luas," kata Edi.

"Apalagi luas dan kapasitas stadion kita jauh lebih besar dibandingkan di Bali," imbuhnya.

Sementara itu, Asisten I Kab Gianyar I Wayan Suardana yang turut mendampingi saat kunjungan tersebut mengatakan, sejak stadion dikelola Bali United, PAD Kabupaten Gianyar meningkat. Tak hanya itu, Bali United juga mampu memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah.

"Khusus dari Bali United, kami memperoleh PAD sebesar Rp1,7 milar setiap tahunnya. Itu di luar nilai kontrak sebesar Rp500 juta untuk 5 tahun," ungkapnya.

Stakeholder Bersatu

Ketua Panitia Pelaksana Bali United, Bli Rojak mengungkapkan, salah satu faktor yang membuat Bali United bisa mengelola Stadion I Wayan Dipta dengan baik karena seluruh stakeholder bersatu. Mulai dari Pemkab Giayar, Kepolisian, hingga ormas dan preman.

"Pemkab dan polisi sangat mendukung. Jadi kami tidak kesulitan untuk memperoleh izin pertandingan. Ormas dan preman juga menanggalkan atributnya," ungkapnya.

Kini, kata Bli Rojak, Bali United juga terus membenahi stadion agar bisa menggelar pertandingan di level Asia.

"Semua pembangunan kami yang membiayai," akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper