Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sumber Cirebon Kembali Dibuka

Aktivitas perekonomian di Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali dibuka setelah beberapa hari lalu ditutup akibat adanya dua pedagang yang dinyatakan positif Covid-19.
Pasar Sumber Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi
Pasar Sumber Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Aktivitas perekonomian di Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali dibuka setelah beberapa hari lalu ditutup akibat adanya dua pedagang yang dinyatakan positif Covid-19.

‎Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, pembukaan kembali aktivitas perekonomian di Pasar Sumber lebih cepat dibandingkan rencana sebelumnya. Hal tersebut berdasarkan hasil kajian dari tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

"Berdasarkan rencana sebelumnya, pasar itu dibukanya pada 11 Juni 2020," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Selasa (9/6/2020).

Meskipun sudah resmi dibuka, seluruh pedagang dan pembeli di Pasar Sumber untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah pusat terkait pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

‎Imron mengatakan, di Pasar Sumber sudah disiagakan petugas yang akan mengawasi protokol kesehatan dan dipasangi pula di depan gerbang berupa baligho imbauan.

‎"Ada petugas yang mengatur pintu keluar dan pintu masuk. Serta, mengingatkan kepada pengunjung," katanya.

Imron menambahkan, selama masa penutupan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon sudah berupaya melakukan pencegahan, yaitu dengan cara penyemprotan menggunakan cairan disinfektan.

Imron menambahkan, kembali dibukanya di pasar tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pasar itu pun dibuka mulai pukul 02.00 WIB hingga 12.00 WIB.

‎Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Cirebon, dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, mengatakan, masa inkuba‎si terpanjang adalah 14 hari, namun bisa dilakukan lebih cepat kalau bisa melakukan deteksi secara dini.

Ia menambahkan, selama masa pelacakan dengan cara tes swab massal yang dilakukan, tidak ditemukan adanya kasus positif baru di Pasar Sumber.

‎"‎Jika dilakukan secara optimal, tidak perlu menunggu waktu selama 14 hari," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper