Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikatan Dokter Anak Indonesia Sarankan Anak Tetap di Rumah Selama AKB

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar tetap mengedepankan upaya pencegahan dan pemberantasan Covid-19 terhadap anak, terutama selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Siska Gerfianti
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Siska Gerfianti

Bisnis.com,BANDUNG—Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Siska Gerfianti mengatakan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar tetap mengedepankan upaya pencegahan dan pemberantasan Covid-19 terhadap anak, terutama selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Kita perlu sekali mendengarkan rekomendasi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) baik di wilayah Jawa Barat maupun nasional. Rekomendasi dari IDAI adalah tetap dalam tatanan AKB ini upayakan pencegahan dan pemberantasan Covid-19 ini terutama untuk anak,” kata Siska, Rabu (8/7/2020).

“Misalnya kalau tidak perlu membawa pergi anak keluar rumah dan bisa menghindari kerumunan mendingan anaknya di rumah saja,” tambahnya.

Sementara untuk menjaga kesehatan anak di masa pandemi ini, kata Siska, perlu dilakukan beberapa hal, seperti memperhatikan tumbuh kembang anak, mulai dari berat dan tinggi badan.

Selain itu, pemenuhan kebutuhan nutrisi anak juga penting diperhatikan. Hal itu bisa dilakukan melalui pemberian gizi yang seimbang dan memberikan imunisasi sesuai jadwal.

“Pelayanan imunisasi juga tetap harus dilakukan karena sekarang ini fasilitas kesehatan masyarakat baik itu puskesmas atau fasyankes lain, rumah sakit, dan lain-lain sudah juga melakukan pengadaan imunisasi ini tetapi dengan terjadwal, supaya menghindarkan kerumunan yang banyak di fasyankes,” katanya.

“Kemudian kegiatan pendidikan usia dini misalkan Paud, dan lain-lain direkomendasikan oleh IDAI tetap dilakukan di rumah masing-masing saja. Jadi, untuk kegiatan pembelajaran bagi anak ini baik usia anak atau remaja lebih direkomendasikan dalam pembelajaran jarak jauh karena memang sekarang penularan Covid-19 ini masih tetap berlangsung,” imbuhnya.

IDAI juga menyarakan para orang tua yang memiliki anak usia dini agar mengunduh aplikasi kesehatan anak yang bernama PrimaKu. Aplikasi ini bisa membantu orang tua memantau tumbuh kembang anak. Fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut sesuai dengan buku KIA dari Kementerian Kesehatan RI, termasuk kalender imunisasi, pemantauan pertumbuhan, artikel kesehatan, dan pemantauan perkembangan, dan nasihat stimulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper