Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wali Kota Bandung Minta Dinkes Tracing di Kawasan Secapa AD

Wali Kota Bandung meminta Dinkes agar melakukan rapid test terhadap warga sekitar sekolah militer tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG -- Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Bandung, Oded M Danial meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan tracing di kawasan sekitar Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang disebut menjadi tempat baru penyebaran Covid-19.

Menurutnya, berdasarkan data yang ia terima, siswa yang terpapar Covid-19 di Secapa AD sudah melakukan tes dan isolasi mandiri. Namun, pihaknya meminta Dinkes agar melakukan rapid test terhadap warga sekitar sekolah militer tersebut.

"Informasi yang saya dapat dari bu Kadis (Dinkes) di Secapa (tes) mandiri dan internal. Saya meminta kepada gugus tugas Kota Bandung meminta sudah mulai di rapid, diperiksa masyarakat sekitar," ujar Oded, saat ditemui di Jalan Ambon, Kota Bandung, Selasa (8/7/2020).

Menurut Oded, rapid test atau tracing dilakukan untuk mengetahui dan memastikan apakah terdapat masyarakat yang terpapar Covid-19 atau tidak. Ia mengaku belum memperoleh informasi detail terkait temuan siswa Secapa AD yang terpapar diketahui sejak kapan.

Oded pun mengaku belum memastikan apakah akan membatasi aktivitas masyarakat di sekitar Secapa AD Bandung. Ia mengaku akan fokus melakukan rapid test terlebih dahulu kepada masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

"Sekarang minta kepada gugus tugas harian yang terpenting pemeriksaan kepada mereka," katanya.

Ia berharap, kasus positif yang terjadi di Secapa AD tidak menyebar ke masyarakat di sekitar area kawasan Secapa AD Bandung.

"Saya lihat di Sukabumi contohnya, karena itu internal mudah-mudahan tidak termasuk (masyarakat ikut terpapar). Kita gak tahu (siswa) ada interaksi (saat) kita sedang PSBB," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berli Hamdani mengungkapkan kurang lebih sebanyak 200 siswa Secapa TNI AD telah terpapar Covid-19. Menurutnya, kawasan Secapa AD TNI AD telah dilakukan isolasi. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler