Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Kreatif akan Jadi Agenda Tahunan Tingkatkan Gairah Industri Kreatif

Pasar Kreatif yang memasarkan produk ekonomi kreatif lokal Kota Bandung diagendakan akan digelar tahunan guna meningkatkan gairah industri kreatif.
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (kanan)
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG - Pasar Kreatif yang memasarkan produk ekonomi kreatif lokal Kota Bandung diagendakan akan digelar tahunan guna meningkatkan gairah industri kreatif.

Saat ini Pemerintah Kota Bandung akan mengevaluasi penyelenggaraan Pasar Kreatif yang digelar tahun ini.

“Mungkin nanti akan dievaluasi terlebih dulu oleh dinas terkait. Sebetulnya saya lihat ini salah satu upaya yang baik untuk peningkatan UKM,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Selasa (20/10/2020).

Agenda Pasar Kreatif tahun ini akan digelar di Cihampelas Walk yang akan berlangsung hingga 25 Oktober mendatang.

Pasar Kreatif di Cihampelas Walk merupakan lokasi terakhir. Sebelumnya, Pasar Kreatif juga digelar di sejumlah mal lainnya. Di antaranya di Paris Van Java (4-13 September), Bandung Electronik center (4-13 September), 23 Paskal Shopping Center (11-20 September), Trans Studio Mall (11-20 September).

Selain itu juga, Istana Plaza (18-27 September), Bandung Indah Plaza (25 September - 4 Oktober), Kings Shopping Center (2-11 Oktober), dan Festival City Link (9-18 Oktober).

Menurut Yana, Pemkot bandung memang terus berupaya mendorong agar para pelaku usaha kecil, dan menengah (UKM) untuk terus berkembang. Salah satunya dengan membina dan memberikan kesempatan untuk memasarkan produknya.

“Ini salah satu upaya dari Pemkot Bandung untuk membantu UKM-UKM binaan menampilkan produk-produknya,” tutur Yana.

Yana berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan nilai transaksi jual beli yang signifikan bagi pelaku usaha di Kota Bandung.

“Saya minta masyarakat untuk membeli hasil produk-produk UKM karena dengan begitu bisa membantu meningkatkan perekonomian lokal,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan pelaksanaan pasar kreatif mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat Kota Bandung.

“Hasilnya di luar dugaan kami, Terbukti dari 7 mal omzetnya sudah mencapai Rp1,44 miliar,” ungkap Elly.

Elly mengungkapkan, selama penyelenggaraan Pasar Kreatif melibatkan 288 pelaku usaha. Hasilnya ternyata sangat positif dan mampu mendongkrak perekonomian Kota Bandung.

Oleh karenanya, Elly mengaku siap jika Pasar Kreatif menjadi agenda tahunan Kota Bandung. Bahkan jika memungkinkan akan menambah lokasi penyelenggaraannya.

“Karena pelaksanaannya Disdagin bekerja sama dengan Dekranasda dan Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan kita akan melakukan evaluasi. Insyaallah jika memungkinkan mallnya akan bertambah dan pelaku usahanya akan bertambah,” harapnya.

“Sebanyak 288 UKM binaan bisa mengikuti acara ini secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Mereka hanya membawa produk-produknya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper