Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jam Operasional Pemeriksaan Genose di Daop 3 Cirebon Diperpanjang

Berdasarkan informasi, layanan tes genose di Stasiun Cirebon yang sebelumnya hanya pukul 08.00-17.00 WIB, kini menjadi 07.00 sampai 22:00.
Pemeriksaan Genose di stasiun kereta api/Istimewa
Pemeriksaan Genose di stasiun kereta api/Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Jam operasional layanan tes genose di beberapa stasiun wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, diperpanjang mulai Senin (14/6/2021).

Berdasarkan informasi, layanan tes genose di Stasiun Cirebon yang sebelumnya hanya pukul 08.00-17.00 WIB, kini menjadi 07.00 sampai 22:00. Stasiun Cirebon Prujakan, sebelumnya hanya melayani dari 08.00 sampai 17.00 WIB, kini 07.00-21.00 WIB.

Kemudian Stasiun Brebes yang semula melayani dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, kini diperpanjang mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, diperpanjangnya waktu operasional tes tersebut bisa membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan ketika akan menggunakan layanan KA jarak jauh.

Biaya untuk pelaksanaan tes tersebut yakni Rp 30.000 dan berlaku 1x24 jam setelah sampel tersebut diambil.

"Hasil pemeriksaan surat bebas stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh," kata Suprapto di Kota Cirebon, Senin (14/6/2021).

Suprapto mengatakan, pemeriksaan model baru ini dianggap oleh calon penumpang lebih simpel, tidak menimbulkan nyeri, dan terjangkau dibandingkan metode pemeriksaan lainnya.

Selain itu, tingkat keakuratan untuk mengetahui keberadaan virus pun diklaim mencapai angka 93 sampai 95 persen.

Siti Masithoh (26), calon penumpang di Stasiun Cirebon menyebutkan, metode baru pemeriksaan itu sangat terjangkau, yakni cuma Rp20.000. Sedangkan yang lainnya, ia harus merogoh kocek hingga ratusan ribu.

"Kalau yang sebelumnya kan beban juga, kalau pun harus periksa pulang pergi tidak sebesar biaya swab atau antigen," katanya.

Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mulai Senin (15/2/2021), menyediakan pemeriksaan covid-19 GeNose sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

GeNose test merupakan cara untuk mengetahui keberadaan virus dengan menghembuskan napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali.

Pemeriksaan GeNose yang ada di Stasiun Cirebon dilakukan oleh PT KAI, Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), serta Universitas Gadjah Mada (UGM). (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper