Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Kepesertaan BIAN, Karawang Maksimalkan Peran Yankes

Pemkab Karawang akan menyiapkan beberapa lokasi pelayanan kesehatan (yankes) untuk menggenjot pemberian imunisasi tambahan dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KARAWANG - Pemkab Karawang akan menyiapkan beberapa lokasi pelayanan kesehatan (yankes) untuk menggenjot pemberian imunisasi tambahan dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan.

"Kami akan maksimalkan puskesmas, posyandu, pos imunisasi, TTU, PAUD, rumah sakit, klinik swasta dan PMB untuk pelaksanakan BIAN tersebut," ujar Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Selasa (28/6/2022).

Aep menjelaskan, sasaran program BIAN di Kabupaten Karawang yakni anak usia 0-59 bulan yang terdiri dari 164.487 anak, dan sasaran imunisasi kejar usia 12-59 bulan dengan DPTHB HIB sebanyak 20.217 anak, OPV 3.549 anak dan IPV 63.828 anak.

"Kami berharap seluruh pihak turut berperan aktif untuk pelaksanaan BIAN tahun 2022 ini. Sehingga, cakupan BIAN bisa mencapai target yakni 95 persen, dan cakupan target imunisasi kejar minimal 80 persen," kata dia.

Melalui BIAN ini, pihaknya juga berharap angka kejadian kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dapat dicegah dan dihilangkan. Sehingga, melalui imunisasi, anak-anak di Karawang memiliki imunitas yang kuat, dan terhindar dari penyakit PD3I.

"Pandemi kemarin memang menyulitkan semua pihak dalam melaksanakan imunisasi. Sehingga imunisasi anak tidak berjalan maksimal. Kami berharap, BIAN 2022 ini bisa maksimal dan mencapai target sesuai harapan," kata Wabup.

Aep juga berpesan, selama pencanangan BIAN diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper