Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKPP Jabar Minta Warga Beli Hewan Kurban di Outlet Resmi

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat kembali mengingatkan masyarakat tidak sembarangan membeli hewan kurban untuk Iduladha 1443 Hijriah.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat kembali mengingatkan masyarakat tidak sembarangan membeli hewan kurban untuk Iduladha 1443 Hijriah.

Kepala DKPP Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan masyarakat disarankan membeli hewan kurban pada outlet yang sudah resmi dan mendapatkan izin dari pemerintah kabupaten dan kota di Jabar.

"Masyarakat jangan asal beli dan sekarang outlet sudah banyak tinggal lebih selektif saja dengan pencarian surat keterangan hewan," katanya, Kamis (7/7/2022).

Pada saat ini DKPP Jabar sudah menerjunkan langsung Satgas Penanganan PMK di kabupaten dan kota untuk memeriksa seluruh kesehatan hewan ternak dan kurban untuk Iduladha. Adapun untuk hewan yang dinyatakan layak sudah diberikan tanda pengenal.

"Layak atau tidaknya hewan juga dilihat dari tanda pengenal, tidak hanya tanda di kuping, itu bisa setiker, kalung dan lainnya," katanya.

Dengan pengawasan yang maksimal, masyarakat menurutnya tidaj perlu takut saat membeli hewan kurban. Jika merasa masih takut, masyarakat bisa melakukan pengecekan kesehatan hewan pada penjual.

"Kalau kawatir (PMK) tanyakan surat keterangan hewannya. Kesehatan hewan juga bisa terindikasi seperti hewan pincang dana kalau pincang jangan," ucapnya.

Karena itu pihaknya menyarankan pada masyarakat yang hendak membeli hewan kurban ada baiknya langsung membeli di outlet yang terpercaya. Pembelian dari outlet diyakininya lebih tepat dan layak untuk dikurbankan secara syariat islam.

"Pada masyarakat kalau ingin beli hewan kurban datang ke outlet yang sudah diberikan izin kabupaten dan kota kemudian dilihat tingkat keamanan hewan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper